KOMPUTER DI BIDANG SENI
• Banyak bidang disiplin
ilmu kesenian telah menggunakan teknologi digital dan komputer, sehingga garis
batas antara hasil karya seni tradisional/lama dan hasil olahan media dengan
menggunakan komputer menjadi sulit untuk dibedakan.
Sebagai
contoh, banyak pelukis sekarang telah menggabungkan cara melukis tradisional
dengan cara seni algoritmis/berulang menggunakan teknik pemrosesan gambar digital atau penyuntingan gambar digital.
Seni komputer
(computer art) adalah jenis seni yang menggunakan komputer
untuk membuat dan menampilkan suatu hasil karya seni tertentu.
• Jenis kesenian kontemporer ini meliputi seni yang berkaitan dengan
gambar (image), suara,
animasi, video, video game, web site, pertunjukan atau pameran
foto (gallery).
Pada masa awal
dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusi untuk melakukan
pekerjaannya. Sering perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan
banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang
seni. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat komputer
dibidang seni.
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1. Seni Gambar : Yang
terdiri dari lukis, fotografi,grafik, desain arsitektur dan lain-lain.
2. Seni music.
3. Seni film.
4. Seni pertunjukan dan
lain-lain.
Berikut ini akan kita
coba sedikit jelaskan penggunaan atau pemanfaatan computer di bidang seni.
A. FILM (VIDEO)
Dengan adanya komputer
saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta
tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam
pembuatan video dapat ditambaha atau edit dengan plugin-plugin yang ad untuk
menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal. Berikut
ini software yang biasa dipergunakan untuk mengedit video.
Adobe Premiere Pro 1.5, Software ini merupakan software utama, dimana semua potongan- potongan video disatukan disini.
Adobe Premiere Pro 1.5, Software ini merupakan software utama, dimana semua potongan- potongan video disatukan disini.
1. Ulead Video Studio 9,
untuk membuat animasi,biasanya yang saya pergunakan adalah efek animasi album.
Kemudian hasilnya diekspor ke format avi dan disatukan di Premiere. Saat ini
sudah ada Ulead Video Studio yang versi 10.
2. Pinnacle Hollywood FX
4.6, Plugin efek-efek Pinnacle untuk Adobe Premiere. Agak monoton dan jadul
memang efek-efek nya,tapi kalau digabung dengan efek-efek lain bisa didapat
hasil yang lumayan
3. Burger Plug In, Plug
in efek2 transisi yng cukup menarik untuk Adobe Premiere. Biasanya yang saya
pergunakan adalah efek seperti blitz kamera untuk seolah2 mengambil foto.
4. TMPGEnc, Software
untuk membuat mpg dengan hasil yg lebih bagus daripada langsung dari Adobe
Premiere.
5. Frame Server, sebuah
software untuk bisa merender langsung dari Adobe Premiere ke TMPG Enc tanpa
harus merender dahulu menjadi avi.
6. Xara 3D dan Bluff
Titler, untuk membuat animasi title.
Dengan software – software tersebut saya rasa cukup untuk mengedit video. Tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam menyusun potongan2 video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus.
Berikut
adalah contoh tampilan dari software untuk editing video:
Ulead
Video Studio
Adobe
Premiere Pro
A. PHOTOGRAFI
Dengan
menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita
mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar.
Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan
indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut datang
cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan
banyak plugin yang menunjang. Berikut adalah contoh
software untuk editing FOTO
Adobe Photoshop
ACDsee
Pro
1. DESIGN GRAFIS.
Dalam
penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan
teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam
menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu
ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal
barn yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual,
saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terfikirkan
sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh tidak saja
terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan
proses kreasi bagi perancang grafis.
Bagaimana perancang memanfaatkan berbagai fasilitas tersebut dalam menghasilkan suatu penciptaan karya produk cetakan, yang memiliki tujuan utama yaitu sebagai media penyampai informasi kepada khalayak sasarannya. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu perancangan menjadi titik tolak dalam penelitian ini. Diawali dengan pendahuluan yang menguraikan berbagai tahapan berfikir ilmiah untuk memperoleh suatu gambaran yang jelas dan lengkap terhadap obyek yang akan diteliti, melalui suatu kegiatan penelitian yang bersifat dekriptif-kualitatif
Bagaimana perancang memanfaatkan berbagai fasilitas tersebut dalam menghasilkan suatu penciptaan karya produk cetakan, yang memiliki tujuan utama yaitu sebagai media penyampai informasi kepada khalayak sasarannya. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu perancangan menjadi titik tolak dalam penelitian ini. Diawali dengan pendahuluan yang menguraikan berbagai tahapan berfikir ilmiah untuk memperoleh suatu gambaran yang jelas dan lengkap terhadap obyek yang akan diteliti, melalui suatu kegiatan penelitian yang bersifat dekriptif-kualitatif
Peralatan
yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar
tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai
sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada
pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah
merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan
perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan
seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari
media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Berikut
adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk gesaun grafis:
Desktop publishing
Desktop publishing
·
Adobe
Photoshop
·
Adobe
Illustrator
·
Adobe
Indesign
·
Page
Maker
·
Coreldraw
·
GIMP
·
Inkscape
·
Adobe
Freehand
·
Adobe
image ready
·
CorelDraw
Webdesign
·
Macromedia
Dreamweaver
·
Microsoft
Frontpage
·
Notepad
·
Adobe
Photoshop
Audiovisual
·
Adobe
After Effect
·
Adobe
Premier
·
Final
Cut
·
Adobe
Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Rendering 3 Dimensi
·
3D
StudioMax
·
Maya
·
AutoCad
·
Google
SketchUp
·
Blender
1.
MUSIK
Dahulu untuk memainkan
music atau merekam music harus menggunakan alat dengan pita sebagai media
pemutaran dan perekaman, dalam proses pembutannya sangatlah boros dan
menghasilkan suara yg live,dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan
suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu
atau music dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses
rekaman dengan menggunakan system komputer atau digital.
Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak bias dilakukan denga alat, harus disetting manual.
Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak bias dilakukan denga alat, harus disetting manual.
Ada dua kategori
software yang digunakan untuk menunjang music yaitu:
1. Software music player.
2. Software music
recording(maker).
Berikut ini adalah
beberapa software music player yaitu:
·
Winamp
·
Gom
player
·
Windows
media player
·
JetAudio,
dll.
Berikut ini adalah beberapa
software music maker:
·
Steinberg
Nuendo
·
Protools.
·
Sonar.
·
Adobe
Audition.
·
Cubase
SX.
Dan berikut adalah
contoh tampilannya:
Jadi dengan
menggunakan teknologi komputer kita dapat melakukan perekaman dan pengeditan
dengan mudah dengan bantuan plugin-plugin serta VSTi yang ada. Agar
menghasilkan kualitas suara yang maksimal…
Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki segi negative untuk seni yaitu:
Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki segi negative untuk seni yaitu:
·
Maraknya
pembajakan.
·
Maraknya
pencurian hak cipta.
·
Mengurangi
kreatifitas alami.
·
Maraknya
peredaran film yang menyimpang.
·
Dan
lain-lain.
Jadi dengan adanya
teknologi komputer kita dapat meningkatkan kualitas kita dalam berseni di
segala bidang seni, tapi tetap saja yang terpenting dalam seni adalah seni itu
sediri dan tastenya….
KEUNTUNGAN
MEMBUAT GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
- Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar.
- Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan dapat di perbaiki di layar komputer.
- Dapat diciptakan gambar yang sangat sulit di buat manusia. Dalam proses ini manusia sebagai Brainware diharapkan memiliki kemampuan untuk operasional misainya: Resizing an image, Cropping an image, Capturing an image, Adding text, Using Paint/Draw functions,dsb.
ANIMASI
• Animasi, atau lebih akrab disebut dengan
film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak.
• Dengan bantuan komputer dan
grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah
dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
• Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di
dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan,
pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar,
gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
COMPUTER
GAME
• Permainan komputer telah berevolusi
dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir.
Bagian dari
grafika komputer meliputi:
MULTIMEDIA
• Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu dan koneksi (link), sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi.
• Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
• Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan.
0 komentar:
Posting Komentar