Minggu, 13 Desember 2015

KOMPUTER DI BIDANG SENI

KOMPUTER DI BIDANG SENI



      Banyak bidang disiplin ilmu kesenian telah menggunakan teknologi digital dan komputer, sehingga garis batas antara hasil karya seni tradisional/lama dan hasil olahan media dengan menggunakan komputer menjadi sulit untuk dibedakan.
Sebagai contoh, banyak pelukis sekarang telah menggabungkan cara melukis tradisional dengan cara seni algoritmis/berulang menggunakan teknik pemrosesan gambar digital atau penyuntingan gambar digital.

Seni komputer (computer art) adalah jenis seni yang menggunakan komputer untuk membuat dan menampilkan suatu hasil karya seni tertentu.
      Jenis kesenian kontemporer ini meliputi seni yang berkaitan dengan gambar (image), suara, animasi, video, video game, web site, pertunjukan atau pameran foto (gallery).


Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusi untuk melakukan pekerjaannya. Sering perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni.

Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1.    Seni Gambar : Yang terdiri dari lukis, fotografi,grafik, desain arsitektur dan lain-lain.
2.    Seni music.
3.    Seni film.
4.    Seni pertunjukan dan lain-lain.
Berikut ini akan kita coba sedikit jelaskan penggunaan atau pemanfaatan computer di bidang seni.

A. FILM (VIDEO)
Dengan adanya komputer saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam pembuatan video dapat ditambaha atau edit dengan plugin-plugin yang ad untuk menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal. Berikut ini software yang biasa dipergunakan untuk mengedit video.
Adobe Premiere Pro 1.5, Software ini merupakan software utama, dimana semua potongan- potongan video disatukan disini.
1.    Ulead Video Studio 9, untuk membuat animasi,biasanya yang saya pergunakan adalah efek animasi album. Kemudian hasilnya diekspor ke format avi dan disatukan di Premiere. Saat ini sudah ada Ulead Video Studio yang versi 10.
2.    Pinnacle Hollywood FX 4.6, Plugin efek-efek Pinnacle untuk Adobe Premiere. Agak monoton dan jadul memang efek-efek nya,tapi kalau digabung dengan efek-efek lain bisa didapat hasil yang lumayan
3.    Burger Plug In, Plug in efek2 transisi yng cukup menarik untuk Adobe Premiere. Biasanya yang saya pergunakan adalah efek seperti blitz kamera untuk seolah2 mengambil foto.
4.    TMPGEnc, Software untuk membuat mpg dengan hasil yg lebih bagus daripada langsung dari Adobe Premiere.
5.    Frame Server, sebuah software untuk bisa merender langsung dari Adobe Premiere ke TMPG Enc tanpa harus merender dahulu menjadi avi.
6.    Xara 3D dan Bluff Titler, untuk membuat animasi title.

Dengan software – software tersebut saya rasa cukup untuk mengedit video. Tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam menyusun potongan2 video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus.


Berikut adalah contoh tampilan dari software untuk editing video:
Ulead Video Studio

Adobe Premiere Pro


A.   PHOTOGRAFI
Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut datang cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menunjang. Berikut adalah contoh software untuk editing FOTO


Adobe Photoshop

ACDsee Pro

1. DESIGN GRAFIS.
Dalam penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal barn yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual, saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terfikirkan sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh tidak saja terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan proses kreasi bagi perancang grafis.

Bagaimana perancang memanfaatkan berbagai fasilitas tersebut dalam menghasilkan suatu penciptaan karya produk cetakan, yang memiliki tujuan utama yaitu sebagai media penyampai informasi kepada khalayak sasarannya. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu perancangan menjadi titik tolak dalam penelitian ini. Diawali dengan pendahuluan yang menguraikan berbagai tahapan berfikir ilmiah untuk memperoleh suatu gambaran yang jelas dan lengkap terhadap obyek yang akan diteliti, melalui suatu kegiatan penelitian yang bersifat dekriptif-kualitatif
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Berikut adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk gesaun grafis:

Desktop publishing
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Illustrator
·         Adobe Indesign
·         Page Maker
·         Coreldraw
·         GIMP
·         Inkscape
·         Adobe Freehand
·         Adobe image ready
·         CorelDraw
Webdesign
·         Macromedia Dreamweaver
·         Microsoft Frontpage
·         Notepad
·         Adobe Photoshop
Audiovisual
·         Adobe After Effect
·         Adobe Premier
·         Final Cut
·         Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Rendering 3 Dimensi
·         3D StudioMax
·         Maya
·         AutoCad
·         Google SketchUp
·         Blender



1.    MUSIK
Dahulu untuk memainkan music atau merekam music harus menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembutannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live,dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau music dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan system komputer atau digital.

Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak bias dilakukan denga alat, harus disetting manual.  

Ada dua kategori software yang digunakan untuk menunjang music yaitu:
1.    Software music player.
2.    Software music recording(maker).
Berikut ini adalah beberapa software music player yaitu:
·         Winamp
·         Gom player
·         Windows media player
·         JetAudio, dll.
Berikut ini adalah beberapa software music maker:
·         Steinberg Nuendo
·         Protools.
·         Sonar.
·         Adobe Audition.
·         Cubase SX.
Dan berikut adalah contoh tampilannya:
Jadi dengan menggunakan teknologi komputer kita dapat melakukan perekaman dan pengeditan dengan mudah dengan bantuan plugin-plugin serta VSTi yang ada. Agar menghasilkan kualitas suara yang maksimal…
Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki segi negative untuk seni yaitu:
·         Maraknya pembajakan.
·         Maraknya pencurian hak cipta.
·         Mengurangi kreatifitas alami.
·         Maraknya peredaran film yang menyimpang.
·         Dan lain-lain.
Jadi dengan adanya teknologi komputer kita dapat meningkatkan kualitas kita dalam berseni di segala bidang seni, tapi tetap saja yang terpenting dalam seni adalah seni itu sediri dan tastenya….

KEUNTUNGAN MEMBUAT GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
  1. Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar.
  2. Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan dapat di perbaiki di layar komputer.
  3. Dapat diciptakan gambar yang sangat sulit di buat manusia. Dalam proses ini manusia sebagai Brainware diharapkan memiliki kemampuan untuk operasional misainya: Resizing an image, Cropping an image, Capturing an image, Adding text, Using Paint/Draw functions,dsb.

ANIMASI
      Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak.
      Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
      Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.


industri.png








COMPUTER GAME
      Permainan komputer (computer game) adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi.
      Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir.
      Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 1999.

industri.png

Bagian dari grafika komputer meliputi:
      Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
      Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
      Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
      Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

industri.png




MULTIMEDIA

      Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi (link), sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
      Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
      Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
      Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 KOMPUTER DAN MASYARAKAT and Powered by Blogger.